pict by: marjorymejia.com

Bagaimana Memilih Tanaman yang sesuai untuk kamar mandi?

Kamar mandi sekarang ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan diri saja. Namun, lebih fungsional sebagai tempat untuk bersantai, melepas lelah, bahkan dijadikan tempat membaca, dan mendengarkan musik sambil berendam berlama-lama di dalam bathup. Tidak heran mengapa beberapa  orang mulai menerapkan desain interior minimalis dan desain mirip taman atau konsep semi-terbuka demi menciptakan kenyamanan dan suasana segar.

Untuk menciptakan suasana segar, anda tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk melakukan renovasi secara keseluruhan. Salah satu cara yaitu dengan menambahkan beberapa tanaman sebagai pemanis ruangan dan tentunya memberikan manfaat positif pada anda. Namun, tidak semua jenis tanaman bisa anda masukkan di dalam ruangan tentunya. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dan jenis tanaman apa yang sesuai untuk kamar mandi yang bisa anda tambahkan.

  1. Fentilasi dan Sumber Cahaya
pict by: freshdesignpedia
pict by: freshdesignpedia

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah fentilasi, tanaman butuh cahaya untuk tumbuh. Maka penempatan tanaman perlu disesuaikan dengan arah masuknya cahaya. Pilih tanaman yang tidak memerlukan banyak cahaya untuk tumbuh, cahaya buatan seperti lampu juga perlu dipertimbangkan.

Contoh : lady palm, lidah mertua

  1. Kondisi Ruangan

Sifat lembab adalah hal yang wajar untuk kamar mandi, alasan ini menjadi pertimbangan untuk memilih tanaman berjenis tropis yang dapat mengatur keseimbangan kelembaban dalam ruangan. Contoh : bamboo, areca palm

  1. Pembersih Udara

Sangat penting untuk membuat udara dalam kamar mandi tetap segar. Anda bisa memilih tanaman penghasil oksigen agar dapat melakukan pertukaran udara. Selain itu sebaiknya anda memilih tanaman yang sekaligus dapat membersihkan udara dan zat-zat kimia atau racun seperti formaldehid yang biasa terdapat pada zat pembersih dan cat.

Contoh : lady palm, Philodendron

  1. Arah pertumbuhan tanaman
pict by : decoist
pict by : decoist

Menempatkan tanaman dalam ruang diperlukan banyak pertimbangan salah satunya arah pertumbuhan tanaman atau bagaimana bentuk dan perkembangan tumbuhan tersebut mulai dari akar sampai daun. Selain itu jenis tanah dan tempat tumbuh juga tidak bisa diabaikan. Apalagi jika memilih desain minimalis pada kamar mandi anda.

Tanaman yang tepat untuk kamar mandi umumnya yang bisa tumbuh di media yang lebih kecil seperti pot dan tidak memiliki akar yang besar dan kuat apalagi jika ingin merambatkannya di dinding atau vertical planters. Baik itu model gantung atau menempatkannya di pot, perlu memperhitungkan luas dan bentuk ruangan. Jangan sampai maksud ingin menciptakan suasana segar malah membuat anda minim pergerakan. Khususnya untuk kamar mandi umum seperti di hotel, rumah sakit, mall dll

Sebagai contoh, orchid yang di tanam dalam pot, ivy dengan model vertical planters, daun piko yang dapat digantung, membuat ruangan tampak segar dan nyaman.

Contoh : krisan atau seruni, orchid, herbras, daun piko (philodendron)

Contoh tanaman semi merambat : sirih gading, ivy

  1. Warna tanaman

Kamar mandi sepatutnya perlu mendapatkan perhatian khusus seperti ruangan lainnya. Desain interior perlu lebih berani dan menggambarkan jati diri pemiliknya. Pemilihan tanaman dalam kamar mandi juga disesuaikan dengan minat atau kesukaan si pemilik ruangan, selain keempat alasan diatas. Dalam hal ini, warna dan bentuk tanaman menjadi hal yang tidak bisa disepelekan.

pict by: lorenzsokseedsllc
pict by: lorenzsokseedsllc

Penempatan tanaman dalam ruangan yaitu sebagai pemanis ruangan dan memberi kenyamanan. Sebab itu, warna tanaman perlu disesuaikan dengan perpaduan warna interior kamar mandi agar terlihat lebih harmonis. Bermain warna yang seimbang dapat membuat kamar mandi anda terlihat lebih segar.

Contoh : orchid dan gerbera memiliki warna yang cerah

Post Author: adsila

Mulai menulis blog tahun 2009, sekarang ini mulai menjelajahi bidang desain web secara otodidak. Hobi dan ketertarikan hand lettering, painting, writing, reading, sewing, cooking, art, crafts, fashion and interior design.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *