plywood

Mengenali Jenis Material Pada Furnitur Anda

Furnitur atau mebel merupakan barang yang wajib ada dalam rumah, selain sebagai tempat meyimpan barang, juga sebagai dekorasi yang menambah keindahan ruangan. Tak heran jika banyak kita temui mebel dengan desain menarik di pasaran, harganya pun berbeda-beda sesuai kualitasnya. Alangkah baiknya jika kita mengetahui bahan mebel yang akan kita beli, tak perlu mengetahui secara detail, cukup mengenali jenis bahan furnitur anda.

Seperti kita ketahui kayu adalah bahan dasar furnitur, namun kayu banyak jenis dan macamnya, pemakaiannya pun disesuaikan dengan fungsi dari mebel itu sendiri. Karena alasan persediaan kayu yang mulai terbatas, membuat harga mebel yang berbahan kayu pun juga semakin mahal. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan bahan alternatif yaitu kayu olahan.

Mengenal Kayu Olahan


Kayu olahan merupakan limbah industri kayu yang dicampur dengan zat kimia dengan tampilan yang mirip kayu asli. Selain ramah lingkungan, kayu olahan juga relatif lebih murah, karena itu furnitur dengan bahan kayu olahan pun memiliki harga yang lebih rendah dari yang berbahan kayu asli. Berikut jenis kayu olahan dari yang mahal sampai yang paling murah.

 

Kayu lapis (plywood)

Plywood atau kayu lapis dibuat dari beberapa lapis kayu yang dimampatkan dengan tekanan tinggi. Arah serat plywood saling tegak lurus antara lapisan atas dan lapisan bawah. Merupakan jenis kayu olahan yang memiliki harga lebih tinggi dari pada kayu olahan lainnya. Familiar dengan sebutan tripleks atau multipleks jika lapisannya lebih dari tiga.

plywood
Plywood

Ukuran standar luas triplek dan multiplek adalah 244 x 122 cm dengan ketebalan yang bervariasi mulai dari 3mm sampai 24mm dimana ukuran tersebut menunjukkan kekuatannya. Penggunaannya pun disesuaikan, misalnya untuk panel pada umumnya menggunakan ukuran 9mm dan 12mm. Kayu olahan jenis ini juga lebih kuat dari kayu olahan lainnya.
Contoh penggunaan plywood : kitchen set/dapur set, kamar set, lemari, meja, partisi, rak buku dll.

 

Blockboard

Sesuai dengan namanya blockboard terbuat dari potongan kayu berbentuk kotak kecil yang dipress, harga dan kualitas blockboard lebih di bawah dari plywood, disebabkan karena terbuat dari kayu lunak. Ukurannya luasnya sama dengan plywood dengan ketebalan mulai dari 12mm hingga 18 mm.

blockboard
Blockboard

Penamaan jenis blockboard disesuaikan dengan lapisan luarnya, seperti teakblock untuk lapisan luar yang berasal dari lembaran kayu jati, lapisan ini sangat tipis sekitar 0,3 mm. Jadi hanya lapisan luarnya saja yang menutup kayu lunak tersebut, itulah sebabnya kayu olahan jenis blockboard masih kalah kuatnya dibanding plywood.
Adapun jenis lain yaitu sungkai block untuk blockboard yang menggunakan lapisan luar kayu sungkai. Ada juga laminboard, namun orang sering menyebutnya blockboard, perbedaannya terletak pada lapisan tenganya yang lebih tipis.

Contoh penggunaan blockboard : kitchen set/dapur set, lemari, meja, partisi, rak buku dll.

 

MDF (Medium Density Fibreboard)

Untuk anggaran yang terbatas, anda masih bisa memiliki furnitur impian anda dengan bahan MDF. Jenis kayu olahan ini memiliki harga dan kualitas lebih di bawah dari blockboard dan plywood, terbuat dari serbuk kayu halus yang direkatkan dengan bahan kimia resin. Inilah juga yang menyebabkan MDF lebih berat dari kayu olahan lainnya karena menggunakan resin.

kayu olahan, MDF, HDF,
MDF

Untuk versi MDF yang lebih kuat dinamakan HDF atau high density fibreboard, perbedaan terdapat pada tingkat kepadatannya yaitu diatas 800 kg per meter kubik. MDF banyak digunakan di pabrik atau mebel produksi masal dengan sistem knock down.

MDF memiliki warna dan motif sangat beragam, di pasaran dapat kita temukan jenis finishing yang bermacam-macam dari paper laminate, PVC, cat kayu, venne dan HPL.

 

Particle Board

Bahan material particle board hampir sama dengan MDF, hanya saja MDF lebih halus dan beraturan sedangkan particle board lebih kasar dan tidak seragam. Itulah sebabnya kayu olahan ini sangat rentan teradap air. Penggunaannya untuk furnitur seperti meja belajar, lemari, dan rak buku. Untuk harga, particle board paling ekonomis dibanding ketiga kayu olahan diatas.

Particel Board
Particel Board

Particle board sangat mudah dikenali sebab pori-porinya lebih besar dan terlihat jelas dibandingkan MDF atau HDF. Selain itu, particle board kurang praktis karena tidak bisa digabungkan dengan paku, harus menggunakan sekrup khusus. Hal ini juga menyebabkan furnitur yang berbahan particel board kurang moveable.


Mengenal jenis material pada furnitur
sangat penting agar dalam perawatan dapat lebih diperhatikan yang tentunya dapat memperpanjang umur mebel kita. Walaupun pada umumnya setiap bahan memiliki kekurangan dan kelebihan, namun kita tetap menginginkan mebel kita awet dan tetap terlihat baru.

Post Author: adsila

Mulai menulis blog tahun 2009, sekarang ini mulai menjelajahi bidang desain web secara otodidak. Hobi dan ketertarikan hand lettering, painting, writing, reading, sewing, cooking, art, crafts, fashion and interior design.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *